Kamis, 25 November 2010

awal dalam membangun usaha

Memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha adalah hanya langkah pertama dari perjalanan panjang. Ada banyak perencanaan, persiapan, dan dalam beberapa kasus, bahkan birokrasi. Berikut ini 10 hal yang perlu Anda tahu kapan memulai bisnis Anda sendiri:
1. Tahu apa yang akan Anda lakukan. Ketika membuat keputusan untuk memulai bisnis di rumah, pertanyaan pertama yang harus Anda ajukan adalah “Apa yang akan saya lakukan?” Maukah Anda memulai bisnis hewan peliharaan, atau melakukan apa yang orang lain sedang lakukan ? Apakah Anda ingin membuka toko secara fisik atau Anda akan menjual sesuatu di web? Apakah Anda ingin bergabung dengan MLM? Apakah Anda ingin melakukan sesuatu yang Anda senangi sekaligus bisa menghasilkan uang?.
Ada begitu banyak pilihan di luar sana, begitu banyak jenis bisnis yang dapat Anda mulai. Memang tidak mudah untuk menemukan bisnis yang tepat pada awalnya.
Dan Ramsey dalam bukunya “101 Best Home Businesses” menyarankan 10 langkah dalam memulai bisnis :
·         5 hal terbaik yang dapat Anda lakukan
·         Hal terbaik bagaimana orang lain akan mendapat manfaat dari apa yang Anda lakukan
·         Cari tahu bagaimana memberikan apa yang mereka inginkan
·         Pelajari nilai dari layanan Anda kepada orang lain
·         Cari tahu siapa lagi yang menawarkan layanan serupa
·         Belajar dari keberhasilan orang lain
·         Belajarlah dari kegagalan orang lain
·         Rencanakan keberhasilan Anda sendiri
·         Membuat kesalahan biaya rendah
·         Nikmati apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya
2. Apa yang akan Anda butuhkan untuk memulainya? Setelah Anda memutuskan apa yang harus dilakukan, langkah berikutnya adalah  mengetahui bagaimana melakukannya. Apakah Anda memiliki ketrampilan yang diperlukan untuk bisnis tersebut? Jika Anda ingin memulai bisnis katering, misalnya, apakah Anda benar-benar bisa memasak atau dapatkah Anda menemukan seseorang untuk memasak ? Jika Anda ingin memulai bisnis perencanaan sebuah event, apakah Anda memiliki sertifikasi dari salah satu asosiasi perencanaan acara? Jika Anda ingin memulai bisnis online, apakah anda tahu HTML dasar?
Buatlah daftar apa yang Anda pikirkan mengenai kebutuhan bisnis tersebut dan apa yang Anda perlu untuk mencapai keberhasilan. Ini mungkin pengetahuan tentang bisnis, keterampilan yang dibutuhkan, sertifikasi yang diperlukan, peralatan dan mesin-mesin yang Anda butuhkan untuk membeli. Kemudian periksa apakah anda memiliki pengetahuan, keterampilan, dan lain-lain dan jika tidak, rencanakan bagaimana Anda dapat mendapatkannya.
3. Peraturan pemerintah apa yang perlu Anda ikuti? Salah satu hal pertama yang Anda perlu memastikan bahwa ketika memulai sebuah bisnis adalah bahwa Anda memiliki semua persyaratan pemerintah yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis.
4. Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk memulai? Ini adalah pertanyaan dasar yang dapat mempengaruhi bisnis yang bisa Anda mulai dan untuk mengetahui apakah Anda dapat benar-benar mampu memulai berbisnis.
Jika Anda telah memimpikan memulai bisnis restoran, tapi anda hanya mempunyai uang Rp.50 juta rupiah dalam rekening bank Anda dan Anda tidak berpikir bahwa Anda bisa mendapatkan pinjaman dari bank, anggota keluarga atau investor, maka Anda mungkin menunda dulu ambisi berwirausaha sampai situasi keuangan Anda membaik.
Jadi, bagaimana Anda mencari tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan dalam bisnis tertentu? Salah satu cara akan mencari apakah ada buku yang telah ditulis tentang cara untuk memulai bisnis yang ada dalam pikiran Anda. Sering kali, buku ini berisi deskripsi perkiraan dan biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis. Periksa perpustakaan lokal atau toko buku favorit untuk setiap buku-buku tentang bisnis yang Anda impikan.
Anda juga dapat melakukan pencarian informasi di internet jika ada rencana bisnis yang tersedia atau informasi biayanya. Anda juga dapat memeriksa dengan pemilik bisnis saat ini – sementara mereka mungkin tidak memberitahu Anda berapa banyak mereka menghabiskan dalam memulai bisnis mereka, mereka mungkin lebih terbuka mengenai biaya mungkin item dan apa yang diharapkan ketika memulai bisnis serupa.
5. Berapa banyak uang yang akan Anda buat? Jumlah pendapatan bisnis yang dapat Anda dapatkan akan tergantung pada banyak faktor sehingga sangat sulit untuk memperkirakan berapa banyak yang dapat Anda peroleh. Ukurannya sering bervariasi, dan Anda tidak akan pernah tahu sampai Anda mencobanya.
Buku yang berhubungan dengan memulai bisnis tertentu sering memberikan perkiraan potensi pendapatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar