Jumat, 09 Maret 2012

ANALISIS JURNAL 1



Judul                : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Ponsel Nokia
Pengarang       : Rofi’ah., SE., MM
Tahun              : 2010
Tema               : Pelayanan yang optimal
1.       1.      Latar Belakang Masalah
Seiring dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat, terhadap komunikasi maka alat-alat komunikasi semakin berkembang pesat sampai saat ini teknologi itu lebih dikenal dengan nsms mobile phone atau handphone.
§  Fenomena
Dengan terus meningkatnya permintaan pasar akan ponsel telah membuat persaingan ponsel menjadi ketat, setiap produsen terus berlomba-lomba menciptakan produk terbaru yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam hal ini Nokia menjawab keinginan pasar dengan mengeluarkan ponsel terbarunya sehingga konsumen tidak jenuh dengan produk-produk yang ada.
§  Rumusan dan batasan masalah
Bagaimana cara untuk meningkatkan kepuasan konsumen tehadap ponsel nokia.
§  Tujuan penelitian
Tujuan penelitian ini adalah, Nokia menguasai pasar ponsel di Indonesia, banyak konsumen yang menggunakan ponsel nokia. Nokia terus berkembang dengan desain, fitur dan teknologi yang semakin canggih. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen.
§  Metodologi
1.       1.      Objek penelitian
Toko ponsel Nokia di Pondok Kelapa Dua Kota Depok
1.       2.      Data dan variable penelitian
§  Data tahan battery : 27% sangat puas, 60% puas, 11% cukup puas, 2% tidak puas, 0% sangat tidak puas.
§  Fitur-fitur yang ada
§  Keawetan produk
§  Desain produk
§  Kejernihan suara
§  Service quality
1.       3.      Metode pengumpulan data
Data primer :  langsung kita dapatkan di took ponsel pondok kelapa dua kota depok.
Data sekunder : di dapatkan dari media, alat elektronik, Koran ponsel, dan internet.
§  Model penelitian
Performance : dimensi yang paling basic yang berhubungan dengan fungsi utama dari suatu produk.
Reabilita : lebih nenunukan probabilitas produk gagal menjalankan fungsinya.
Feature dan fitur : fitur menjadi target para produsen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Durability dan keawetan : keawetan menunjukan suatu pengukuran terhadap produk baik secara teknis maupun waktu.
Desain : hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan karena semakin menarik desain semakin puas pelanggan tersebut.

MANFAAT DAN TUJUAN
Penetrasi terhadap produk :
Setiap produk memiliki kategori tersendiri untuk setiap penetrasi.
Seperti halnya, kategori fasionable artinya produk yang dibuat untuk orangorang
yang fasionable yaitu yang selalu mengikuti perkembangan teknologi
dan cenderung untuk berganti-ganti produk . Biasanya produk ini khusus
untuk kalangan atas( high class). Ada juga yang dibuat untuk masyarakat
kelas bawah (low class) dan tentunya memiliki fasilitas yang berbeda.
Contoh seperti seri 3530, dan seri 2110 untuk low class dan high class ada
seri 3650 untuk yang ingin megakses internet dan kamera, seri 5100 untuk
yang aktif dan tahan banting, 8910i untuk kategori premium dan warna
Persepsi terhadap produk :
Ponsel menawarkan bermacam-macam ponsel yang sangat
kompetitif untuk segmen pasar yang luas, dan mengembangkan
ponsel untuk semua standar penting dan segmen pasar di lebih dari
130 negara. Merupakan tanggung jawab dari bisnis ponsel utama
Nokia, berbasis pada teknologi WCDMA, GSM, CDMA dan
TDMA. Ponsel berfokus pada fitur yang kaya, ponsel yang
ditargetkan untuk pasar global.
2. Multimedia menghadirkan multimedia mobile untuk pelanggan
dalam bentuk perangkat mobile lanjutan dan aplikasi. Produkproduknya
mempunyai fitur dan fungsionalitas seperti imaging,
game, musik, media dan bermacam-macam konten menarik, seperti
perangkat tambahan mobile dan solusi yang inovatif.
3. Jaringan selalu menawarkan infrastruktur jaringan yang
memimpin, teknologi dan layanan terkait, berdasarkan pada standar
nirkabel utama untuk operator mobile dan service provider.
Positioning terhadap produk:
Positioning ponsel nokia ini cocok untuk semua kalangan karena ponsel nokia mempunyai beberapa tipe dari mulai haraga yang sangat murah dan sampai dengan harga yang sangat tinggi.
Strategi pemasaran terhadap produk :
Melalui iklan dalam memperkenalkan produk baru
Publishing
edvertising
Kelemahan dan kelebihan :
Kelebihan
Mengingat dinamika pasar yang makin tinggi, Nokia kini juga memperkenalkan ragam produk yang menyasar pada kebutuhan gaya hidup, misal ponsel music, ponse khusus untuk chating, ataupun ponsel yang memiliki mutu kamera yang bagus
Kelemahan
Melihat dari koneksi yang diberikan oleh nokia C3 ini maka akan dapat dipastikan lambatnya koneksi internet yang kita dapati untuk melakukan brosing atau melakukan download sebuah file MP3 dan file-file diatas 1 MB, apalagi untuk melakukan Upload file

·         Hasil Camera kurang bagus 
Walaupun telah dikatakan kamera Ponsel nokia C3 ini menggunakan kamera 2 Mp tetap saja hasil dari kamera ini sangat tidak memuaskan karena kamera ini hanya mampu 1.600 x 1.200 pixel (kata nokia), namun jika kita melihat dari segi pisiknya saja tidak mungkin kamera sekecil ini dan sangat minimalis sekali mampu menghasilkan gambar sebesar 1.600 x 1.200 pixel.
Melihat dari diagram skema Ponsel Nokia C3 ini dan dari uji coba yang kami lakukan, struktur diagram bagian signalnya sangat lemah, bahkan pada bagian Transmiternya atau IC PA (Power Amplifire) sampai-sampai menggunakan tiga jalur tegangan yang didapat langsung dari positif battery. Dengan kata lain dari hasil pengujian kami, Ponsel ini akan lebih sering panas atau boros battery karena proses transmite pada bagian pemancar akhir kurang stabil
Pada Ponsel nokia C3 ini kami melihat banyak sekali penggabungan fungsi yang berpusat pada IC CPU, sehingga secara teknis sangat banyak sekali tugas yang harus dikerjakan oleh IC CPU, hampir seluruh komponen yang biasanya memiliki driver atau IC Control masing-masing, pada Ponsel ini semuanya bersumber dari IC CPU.


§  Hasil dan analisis
Kualitas produk dalam kepuasan konsumen sangat penting karena kualitas produk sebagai tolak ukur dalam suatu produk. Nokia sebagai produsen handphone sangat memperhatikan kualitas-kualitas produk yang d produksinya dengan melakukan pengawasan yang ketat oleh tenaga ahli.
§  Saran
Penulis memberikan saran agar kualitas ponsel Nokia terus di pertahankan dan ditingkatkan, agar dapat meningkatkan kepercayaan dan menumbuhkan rasa puas terus menerus pada konsumen, yang akhirnya akan meningkattkan citra dan keuntungan bagi produsen itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar