Jumat, 09 Maret 2012

ANALISIS JURNAL 2


1. JUDUL :
Analisis Konsumen Terhadap Pengaruh Penggunaan Blackberry
1.1 Pengarang : ayu pertiwi
1.2 Tahun : 2011
2. TEMA :
Perilaku Konsumen Terhadap Produk
3. LATAR BELAKANG MASALAH :
Pada dasarnya kehidupan ini pasti berkembang menuju hal yang lebih modern. Seperti yang diketahui sekarang, manusia adalah makhluk social dan mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Maka dari itu dengan berkembangnya kehidupan ini, manusia pun menyadari bahwa membutuhkan informasi secara cepat dan akurat. Dan untuk hal itu tidaklah sulit sekarang, karena akses internet telah mudah untuk didapatkan. Teknologi pun berkembang dengan lahirnya produk-produk yang berbasis internet. Contohnya saja salah satu smartphone yaitu Blackberry. Smartphone ini sangatlah digandrungi saat ini. Mulai dari kalangan tua maupun muda banyak yang menggunakannya.
Blackberry sendiri mempunyai tingkat keunggulan yang dapat menarik konsumen seperti koneksi internet 24 jam nonstop, fasilitas push email, online melalui situs jaringan social, chatting, GPS. Maka dari beberapa keunggulan tersebut menyebabkan pengguna dari produk ini meningkat. Blackberry sendiri muncul di Indonesia sekitar tahun 2005 dan peningkatan penggunaan terjadi pada tahun 2008-2010.
Perilaku konsumen pun disini sangatlah menonjol. Contohnya saja konsumen menjadi lebih konsumerisme. Karena secara tidak disadari pengguna blackberry sendiri memerlukan budget yang lebih demi mendapatkan informasi dari fitur/aplikasi yang ada didalam produk tersebut.
4. MASALAH :
1. Apakah ada penyebab penggunaan produk Blackberry ?
2. Apakah ada pengaruh dari penggunaan produk Blackberry ?
3. Seberapa besar tingkat kesetian konsumen terhadap merek Blackberry ?
5. TUJUAN :
1. Untuk mengetahui apakah penyebab dari penggunaan Blackberry.
2. Untuk mengetahui pengaruh apa saja yang ada saat penggunaan Blackberry.
3. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesetian konsumen terhadap produk Blackberry.
6. METODELOGI
6.1 Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data yang diperoleh dengan cara member pertanyaan pada partisipan yang dituju dengan member penjelasan mengenai penelitian ini sebelumnya.
6.2 Populasi dan Sampel
Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah para mahasiswa/mahasiswi dari beberapa Universitas yang ada seperti Universitas Gunadarma (yang menjadi mayoritas), Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Syarif Hidayatullah, Universitas Bina Nusantara dan Universitas lainnya. Sedangkan sampel sendiri diambil 30 orang demi kepentingan validitas alat ukur analisis.
6.3 Prosedur Pengumpulan Data
Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan secara via pesan singkat (sms), dengan mengajukkan beberapa pertanyaan sederhana. Seperti dibawah ini :
a. Alasan apa yang membuat anda menggunakan produk Blackberry ?
b. Apakah ada pengaruh bagi anda dari segi positif dan negative ?
c. Adakah keinginan anda untuk mengganti produk Blackberry dengan produk handphone lainnya ?
7. MANFAAT DAN TUJUAN
Penetrasi terhadap produk :
Setiap produk memiliki kategori tersendiri untuk setiap penetrasi. Seperti halnya, kategori fasionable artinya produk yang dibuat untuk orangorang yang fasionable yaitu yang selalu mengikuti perkembangan teknologi dan cenderung untuk berganti-ganti produk . Biasanya produk ini khusus untuk kalangan atas( high class). Ada juga yang dibuat untuk masyarakat kelas bawah (low class) dan tentunya memiliki fasilitas yang berbeda.

Persepsi terhadap produk :
Persespsi konsumen terhadap ponsel blackberry sangat positif karena tidak dipungkiri lagi pemakai ponsel tersebut sudah banyak sekali mungin karena ponsel tersebut mempunya aplikasi yang berbeda dengan ponsel-ponsel lainnya contohnya BBM yang tidak terdapat di ponsel2 lain.
Positioning terhadap produk:
Produk ini bisa digunakan untuk kalangan menengah ke atas karena harga ponsel ini bisa terbilang agak mahal
Strategi pemasaran terhadap produk :
Melalui iklan dalam memperkenalkan produk baru , Publishing, edvertising
Kelemahan dan kelebihan :
Kelebihan
Memiliki aplikasi yang tidak dimiliki ponsel lainnya contoh bbm, memiliki bentuk yang sangat bagus, layar yang lebih lebar sehingga pemaikannya pun akan merasa lebih puas  
Kelemahan
Mungkin dari segi daya tahan batre ponsel ini terilang cepat lowbet,
8. ANALISIS dan HASIL
8.1Analisis penyebab penggunaan Blackberry
Penilaian Responden
1.Indikator
A. Aplikasi yang banyak membuat banyaknya pengguna
B. Lifestyle
C.Keunikan dari bentuk produk
D.Mudah melakukan komunikasi dan mendapatkan Informasi
2. Frekuensi skor jawaban
A. TS : 0 S : 0 SS :30
B. TS : 18 S : 7 SS :5
C. TS : 17 S : 11 SS :2
D. TS : 0 S : 0 SS :30
3. Kategori
A. Sangat Setuju
B. Tidak Setuju
C. Tidak Setuju
D. Sangat Setuju
*Keterangan : TS menununjukkan Tidak Setuju, S menunjukkan Setuju, dan SS menunjukkan Sangat Setuju.
8.2 Hasil
Hasil analisis menunjukkan bahwa banyaknya penggunaan Blackberry didasari karena aplikasi yang ada didalamnya membuat pengguna mudah dalam melakukan komunikasi serta mendapatkan informasi secara cepat.
9.3 Analisis tingkat pengaruh penggunaan Blackberry
Penilaian Responden
1. Indikator
A. Menyita banyak waktu dan menjadi sibuk sendiri
B. Pemborosan dalam pembelian pulsa
2. Frekuensi skor jawaban
A. TS : 2 S : 5 SS: 23
B. TS : 5 S : 16 SS : 9
3. Kategori
A. Sangat Setuju
B. Setuju
*Keterangan : TS menununjukkan Tidak Setuju, S menunjukkan Setuju, dan SS menunjukkan Sangat Setuju.
8.4 Hasil
Hasil analisis tingkat pengaruh penggunaan Blackberry menunjukkan bahwa akan menyita banyak waktu dan menjadi sibuk sendiri serta dapat menyebabkan konsumerisme yang tinggi karena konsumen menjadi konsumtif pada pembelian pulsa.
8.5 Analisis Kesetian Merek Blackberry
Penilaian Responden
1. Indikator
A.Pindah ke lain merek smartphone lainnya
2. Frekuensi skor jawaban
A. TS : 19 S : 7 SS : 4
3. Kategori
A. Tidak Setuju
*Keterangan : TS menununjukkan Tidak Setuju, S menunjukkan Setuju, dan SS menunjukkan Sangat Setuju.
8.6 Hasil
Hasil dari analisis diatas dapat dinyatakan bahwa para pengguna memiliki kesetian yang tinggi terhadap produk Blackberry, dan kemungkinan produk Blackberry dapat bertahan lama hingga beberapa tahun kedepan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar