Senin, 16 April 2012

MARKETING RESEARCH + DOC



DESAIN DAN METODE RISET PEMASARAN

Desain riset adalah kerangka kerja atau rencana untuk melakukan studi yangakan digunakan sebagai pedoman dalam mengumpulkan dan menganalisis data.

A. JENIS-JENIS DESAIN RISET1.

Riset EksploratoriDesain riset yang lebih menekankan pada pengumpulan ide-ide dan masukan-masukan; hal ini khusus berguna untuk memecahkan masalah yang luas dan samarmenjadi sub masalah yang lebih sempit dan lebih tepat. Riset eksploratori ialah risetawal yang dilakukan untuk mengklarifikasi dan mendefinisikan suatu masalah.Kegunaannya adalah untuk membantu memformulasikan masalah secara lebih tepat.Riset ini bersifat fleksibel dan tidak bertujuan untuk mencari kesimpulan akhir.Metode:
·         Survai yang dilakukan para ahli
·          Studi kasus
·         Analisis data sekunder
·          Riset kualitatif dalam bentuk Focus Group Discussion.2.

Riset Deskriptif Desain riset yang lebih menekankan pada penentuan frekuensi terjadinya sesuatuatau sejauh mana dua variable berhubungan.3.

Riset Sebab Akibat Atau Causal Desain riset yang lebih menekankan pada penentuan hubungan sebab dan akibat

B. RISET DESKRIPTIF
Riset deskriptif adalah riset yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu karakter / karakteristik atau fungsi dari sesuatu hal. Dalam risetini diperlukan informasi lengkap 6W yaitu why, when, who, what, where dan way.Contoh riset deskriptif adalah seperti bagaimana persepsi konsumen terhadap pelayanan telepon seluler fren mobile-8.Kegunaannya:
•Untuk membuat estimasi persentase unit-unit dalam suatu populasi yangmenunjukkan perilaku tertentu.
•Untuk menggambarkan kelompok tertentu.
•Untuk menentukan karakteristik suatu desain.
•Untuk menentukan tingkatan di mana variabel-variabel yang ditelitiberhubungan satu dengan yang lain.
•Untuk membuat prediksi.Karakteristik:
•Didahului dengan perumusan hipotesis.
•Desain dirancang secara terstruktur clan terencana serta tidak fleksibel.
•Mengutamakan akurasi dan didasarkan pada pemahaman atas masalahsebelumnya.Metode:
•Survai, observasi clan analisis data sekunder.Riset deskriptif biasanya digunakan untuk mencari jawaban atas pertanyaansebagai berikut (aplikasi dari survai suatu desain kemasan produk mi  instan X):
' class=absimg v:shapes="_x0000_i1025">

•(WHO) Siapa yang akan menjadi target pasar mi instan tersebut?
•(WHAT) Infromasi apa saja yang harus didapatkan dari responden y
•(W H E N ) Kapan informasi harus diperoleh?
•(WHERE) Di mana responden harus dihubungi?
•( WHY) Mengapa diperlukan informasi dari responden?
•(W AY) Dengan cara seperti apa informasi dapat diperoleh dari responden?


C. RISET KAUSAL

Riset kausal adalah riset yang bertujuan untuk menentukan hubungan dari suatusebab akibat / causal dari suatu hal. Contohnya seperti bagaimana hubungan antaraharga bbm / bahan bakar minyak terhadap jumlah pengguna sepeda motor.Tujuan:1.

Untuk memahami variabel mana yang berfungsi sebagai penyebab (variabelbebas) dan variabel mana yang berfungsi sebagai akibat (variabel tergantung).2.

Untuk menentukan karakteristik hubungan antara variabel penyebab dan efek yang akan diprediksi.Karakteristik:1.

Desain terstruktur dan terencana dengan baik.2.
Adanya manipulasi variabel bebas (pemberian perlakuan).3.
Adanya kelompok pengontrol.4. 
Dikenakan pendekatan acak atau random dalam menentukan sampel yang akanditeliti.

Metode: Eksperimen.Contoh: Suatu perusahaan menjual produk yang sama dengan menggunakan warnakemasan yang berbeda. Akan diteliti mana yang lebih laku di pasar. Misalnya produk minuman dalam botol warna merah atau warna hijau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar