Sabtu, 24 September 2011

internet marketing

BERBAGAI CARA PEMASARAN DI INTERNET
Posted by: dhedisav on: December 5, 2008
·         In: Macam-Macam Bisnis Internet

AFFILIATE PROGRAM
Di affiliate marketing kita mendapat uang jika bisa mempertemukan penjual dan pembeli. Barang itu bisa produk, jasa maupun informasi.
Cara kerjanya, kita daftar di affiliate marketer (situs penjual) kemudian situs tersebut akan memberi kita sebuah link khusus untuk kita. Maksudnya begini, kalau kisanak memasang link diblog dan si Udin mengklik link itu, maka Udin akan masuk ke situs penjual tadi. Dan dg link itu penjual bisa tau bahwa si Udin datang atas referensi dari kisanak.

Nah, dari sini kisanak bisa dapat duit dlm berbagai cara, diantaranya:
- PPS (Pay Per Sale)
Si Udin beli produk dari penjual, baru kisanak dibayar.
- PPL (Pay Per Lead) / CPA (Cost Per Action)
Kalau disitus itu si Udin mendaftar/sign up dan mengisikan     data-data, kisanak dapat bayaran juga.
Dengan cara yg mana kisanak dibayar tentunya sesuai dengan perjanjian sebelumnya.
Melanjutkan legenda si Udin, <hayah..>
Jika selanjutnya si Udin mendaftar sebagai anggota, kemudian Udin membawa orang lain lagi untuk didaftarkan, kemungkinan kisanak juga bisa ikut menikmati bayarannya tergantung dari model pembayaran yg ditetapkan oleh affiliate marketer.
Kalo tingkat pembayaran 2-Tear Commission, kita dapat bayaran dari hasil penjualan sendiri dan penjualan downline (si Udin). Tapi tidak untuk Single Tear Commission karena di sini kita dapat bayar dari penjualan kita sendiri saja.
Untuk jadi anggota dari affiliate program, setidaknya kita harus punya blog/website. Ya di blog itulah kita pasang link yang didapat dari affiliate marketer. Tujuannya agar pengunjung blog kita mengklik link yang dimaksud.
Contoh dan keterangan situs affiliate silahkan intip di DAFTAR AFFILIATE PROGRAM.

CONTEXTUAL ADVERTISING
Maksudnya kita menawarkan tempat di blog/website yang kita miliki untuk dipasangi iklan.
Sistemnya begini, di sini ceritanya saya sebagai penjual membayar google agar membuatkan iklan tentang situs yang saya miliki (nama programnya Google Adwords). Sementara kisanak di situ punya blog, dan blog itu kisanak tawarkan ke google agar google memasang iklan di blog kisanak (nama programnya Google Adsense). Jika diapprove sama google, maka di blog kisanak akan terpasang iklan dengan tanda “ads by Google”. Dan iklan di situ berisi beberapa situs yg mengikuti Google Adwords seperti saya.
Iklan tersebut bisa berbentuk banner maupun text. Kisanak dibayar jika seseorang mengklik iklan yang dipasang di blog kisanak. Model bisnis seperti inilah yang biasa disebut Pay Per Click (PPC). Sering dengar kan?
Daftar situs dan keterangannya ADA DI SINI.

WEBSITE AND DOMAIN FLIPPING
Jualan situslah gampangnya.. Kisanak bisa jual website kisanak, semua sekalian contentnya. Tp ya website yang bermutu. Pengukurannya bisa dilihat dari pagerank. Kalo PRnya tinggi ya bisa dijual mahal. Apalagi kalo website itu sangat “menghasilkan”. Begitu juga dengan domain. Hanya sekedar nama tapi hasilnya lumayan juga lho.
Yang dibutuhkan di sini adalah keahlian kita membangun sebuah website. Mungkin tak mudah bagi pemula, tapi sedikit demi sedikit semoga kisanak bisa paham dan menguasai.
Para pemain biasanya jualan link sambil menunggu websitenya laku. Maksudnya jualan link itu, kita menyediakan tempat di website kita untuk dipasangi link oleh website lain. Kayaknya sih cuma sepele, tapi hasilnya gede juga lho.
Tips dan triknya menyusul ya..

RESELLING PRODUCT
Tak perlu bingung mau jualan apa kalo kisanak gak punya barang. Kisanak bisa beli barang dari internet dan menjualnya lagi juga lewat internet. Biasanya produk-produk seperti e-book, atau video tutorial. Contohnya kita membeli suatu e-book, kemudian menjualnya kembali kepada beberapa pembeli. Ada dua pembeli aja kan kita udah gain profit. Tapi ya kisanak harus mau berkorban modal dulu.
Ada dua tipe reselling product, yaitu PLR dan RR.
PLR (Private Label Rights), maksudnya kisanak bisa mengubah status kepemilikan dari produk tersebut. Kisanak bisa mengklaimnya sebagai milik pribadi dengan melakukan rebranding pada produk tersebut sehingga kisanak memiliki hak penuh untuk menjualnya kembali, terutama penentuan harga.
RR (Resale Rights), maksudnya kita bisa menjual produk itu tapi tidak boleh merebrandnya. Jadi saat menjualnya kembali kisanak harus mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh pencipta.
Saya sendiri belum pernah jualan e-book. Mungkin karena cenderung lebih suka menulis di website agar semua orang bisa ikut belajar, sekalipun minim dana.

SALE YOUR OWN PRODUCT
Menjual produk buatan sendiri. Kalau kisanak punya skill pada suatu bidang, berkreasilah. Segala macam produk yang bisa kisanak buat, maka buatlah.
Produk yang cenderung mudah dibuat dan paling sering ditawarkan adalah software dan e-book. Ya jelas, karena tak perlu ongkos kirim. Kan tinggal download..
Dan kali ini juga, saya gak pernah bikin e-book. Apalagi menjualnya, kang mas mbak yu.. Kalo ada yang ingin tau ya saya jawab sepengetahuan saya. Kalo ga ditanya ya diem aja to. Hehe..
Tapi kalo kisanak tertarik ya memang, asal produk kisanak berkualitas, pasti untung banyak. Strategi pemasarannya juga berpengaruh besar. Dan yang pasti kisanak butuh website sebagai toko online buat jual produknya.
Tips dan trik menyusul..

SERVICE SELLING
Kalau kisanak punya keahlian khusus, alangkah baiknya kisanak tawarkan lewat internet. Kali ini kisanak menjual jasa. Begitulah service selling. Misal kisanak jago Bahasa Inggris, bisa nawarin jasa translate di internet. Biasanya lewat blog/website juga. Kalo pinter bikin skripsi ya pasang-pasang artikel, konsultasi, sampai jasa pembuatan. Siapa tau kan kalo saya yang minta dibikinin bisa digoyang tarifnya.. Hehe..
Contoh lain ya desain grafis, jasa pembuatan web, sampe ada juga yang nawar-nawarin jasa cracking. Wah, yang itu tidak baik.. Ada juga jasa periklanan, bikin software, pangkas rambut, sol sepatu, cuci motor, vermak jeans.. Loh.. Loh.. =D
Panduan, tips dan trik dapat dilihat DI SINI.
Yang paling saya sukai dari bagian ini, kita tidak harus mempunyai blog/website. Sebagai penjual jasa, kita bisa menjadi freelance. Freelance?? Ya, karena kita yang mencari pekerjaan tersebut. Caranya kita bisa gabung ke situs penyedia jasa. Di sana banyak sekali pekerjaan yang dapat kita temukan. Dari tugas mereview product, memasukkan data account, melakukan survey, menerjemahkan bahasa dan masih banyak lagi. Tentunya dengan menyesuaikan kapasitas kemampuan yang kita miliki.
Beberapa pekerjaan yang sangat mudah untuk pemula bisa saya temui di sini. Dan kali pertama saya menginjakkan kaki di internet untuk mengais rejeki, memang di bidang ini. Ngumpulin modal dulu..
Saya masukkan juga dalam kategori ini yaitu PTR, PTC, PPP dan sebagainya, karena di sini kita dapat duit sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan.
Jenis-jenisnya, tips dan trik serta keterangan lebih lanjut saya bahas di MACAM-MACAM FREELANCE JOB.
OUTSOURCING MEDIA
Inilah yang saya maksud sebagai penyedia jasa di atas. Bagian outsourcing dapat untung dari kegiatannya mempertemukan freelance dengan pembeli. Di sini freelance sebagai penjual jasa dan pembeli sebagai pihak yang membutuhkan bantuan jasa.
Jika kisanak sukses membangun outsourcing system, sudah dapat dipastikan kisanak akan menuai passive income.
Tempat-tempatnya, kelebihan dan kekurangan serta tips dan trik ADA DI SINI.







ON FORUM MARKETING
Kisanak bisa menawarkan produk, jasa dan informasi yang kisanak miliki dengan cara ini. Kita tak perlu membuat website bahkan tidak perlu biaya dalam memasarkannya. Ikutilah berbagai forum untuk memperluas area pemasaran. Yang jelas ya harus sesuai antara karakteristik produk dengan bidang yang dibahas di forum.
Bahkan dalam kategori ini termasuk juga social networking sites seperti facebook atau tweeter, ternyata merupakan tempat yang sangat potensial sebagai media bisnis.



VIRAL MARKETING
Biasanya lewat ebook. Kisanak pernah download ebook, dan di bawahnya ada iklan yang menuju ke link yang dimiliki oleh si pembuat? Begitulah viral marketing. Prinsipnya kita memberi dulu agar pembaca berminat untuk mengikuti kita.  Saya yakin kisanak bisa bikin ebook. Gampang kok bikin ebook.
Tips dan trik soal ini ada di:
OTHER WAY BUSSINES
·         Seiring perkembangan teknologi dan SDM yang juga makin pinter, semakin banyak hal yang bisa dilakukan di internet untuk cari duit. Beberapa merupakan percampuran dari berbagai metode di atas. Kalo sekarang ini ada sistem/cara baru, tunggu aja besok, pasti keluar hal-hal yang lebih baru lagi.
·         Sebagai contoh, kisanak tau poker kan, seperti aplikasi yang ada di facebook itu? Tempat itu juga bisa mendatangkan keuntungan.
Masih ada banyak cara selain yang ada di atas. Dan tidak menutup kemungkinan kisanak justru menemukan cara baru dalam berbisnis. Percayalah.. Percayalah.. Percayalah berbisnis di internet itu mudah

Blog bukanlah teknologi yang asing bagi dunia bisnis saat ini. Bahkan sebagian pengusaha telah memanfaatkan Blog untuk media pemasarannya. Karena berbagai kelebihan yang terdapat di dalam Blog, dapat membuat pemasaran di dunia cyber menjadi lebih optimal.

Apabila seorang pemasar merasa mempunyai produk yang bagus dan disukai oleh banyak orang namun tidak dapat sukses dijual di pasaran, tentu akan membuatnya merasa frustasi. Solusinya tidak cukup dengan berbicara mengenai perilaku konsumen, tetapi mungkin harus turun memasarkan secara langsung dan berbicara dengan mereka mengenai pendapatnya terhadap produk Anda. Tetapi berbicara dengan konsumen mengenai produk Anda tidaklah semudah yang dibayangkan.
Namun dengan adanya Blog, pembicaraan antara marketing dan konsumen dapat terwujud secara alami, bahkan tanpa batas wilayah dan waktu. Setiap orang di bagian negeri ini dimungkinkan untuk dapat memberikan pendapat, saran, dan kritiknya mengenai produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, dimungkinkan tercipta komunikasi antar pemasar dengan konsumen.
Jika dikelola dengan baik, masukan-masukan yang bernilai tinggi bisa Anda peroleh dari sini. Ujung-ujungnya, mereka bisa saja menjadi seorang konsumen yang loyal dan mempunyai niat baik dalam menilai produk Anda agar lebih baik lagi. Apabila hal ini dilakukan oleh banyak konsumen yang mengunjungi Blog, tentunya efek positif yang diterima akan semakin besar.

Bukan Proses Sekejap
Namun proses ini tentunya tidak langsung dengan serta merta tercipta dalam sekejap. Butuh waktu dan perhatian yang cukup agar Blog yang dimiliki dapat bekerja sebagai media pemasaran yang maksimal. Meskipun tidak seperti magic yang dapat langsung terlihat hasilnya, efek pemasaran dengan menggunakan Blog diyakini dapat lebih cepat bekerja.
Kekuatan Blog yang terletak pada fasilitas komunikasi di dalamnya dan jalinan link antar Blog, akan menghasilkan dampak masal yang hampir sama dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Respon positif yang diberikan di dalam setiap posting dapat berfungsi seperti rekomendasi seorang teman yang dipercaya. Respon ini akan lebih efektif dibandingkan iklan televisi yang pintar sekalipun.
Sebagai media pemasaran yang relatif baru bagi dunia bisnis, Blog telah berhasil menembus batas-batas yang selama ini ada antara perusahaan dan konsumen melalui penyediaan fasilitas untuk berinteraksi dengan konsumen meskipun tidak bertemu secara fisik. Selain itu media ini juga dapat menjadi kantor penerangan bagi informasi dan keahlian yang natural.
Dan yang tak kalah penting dapat diperoleh masukan termasuk kritik yang berasal dari orang-orang yang paham betul dengan produk Anda atau konsumen, mengubah opini publik yang selama ini menjadi perhatian negatif, serta menyerhanakan dan memperkuat kerjasama antar orang-orang di dalam perusahaan.
Dibandingkan website yang telah umum digunakan perusahaan, perbedaan yang mencolok terletak pada tiga hal, yaitu aktivitas menulis, memperbarui, dan berkomunikasi. Pada website biasa, aktivitas yang lebih sering terjadi adalah komunikasi satu arah semata. Sedangkan kekuatan terbesar dari Blog adalah kemampuannya dalam berdialog dengan pembaca.
Dengan fasilitasnya, Blogger dapat menulis informasi baru sesering mungkin. Pembaca akan lebih sering berkunjung kembali ke situs Anda karena mereka menginginkan untuk mencari informasi terbaru. Efek positif dari aktivitas ini akan memicu peringkat di dalam peringkat mesin pencari. Hal ketiga, dalam hal berkomunikasi melalui komentar-komentar pembaca, akan menstimulasi respon dari pembaca dengan mudah.
Dengan kemudahannya dalam membuat dan memperbarui Blog, seorang marketing yang awam dengan teknologi web tetap dapat menggunakan dan tenggelam dalam keasyikan aktivitas blogging atau menulis Blog. Respon dan jumlah kunjungan sering menjadi stimulan mereka untuk sering-sering memeriksa situs yang dikelolanya.

Humas Bagi Perusahaan
Keberadaan Blog mampu memberikan manfaat kepada mereka yang bergerak di bidang pemasaran. Sebab manfaat Blog bagi para pemasar adalah dapat menjadi humas yang menginformasikan berita, rencana, dan info-info yang terkait dengan dukungan kepada konsumen. Jika hati-hati, informasi-informasi tersebut dapat membawa persepsi konsumen ke arah positif, terutama terkait dengan keahlian perusahaan pada produk yang dijual.
Selain itu, setiap catatan dan komentar di dalam artikel yang ditulis juga dapat menciptakan ketertarikan konsumen untuk mengetahui lebih jauh atas produk yang ditawarkan. Meskipun bukan iklan, cara ini mempunyai efek yang sama dalam menarik perhatian dari konsumen.
Seringkali, aktivitas pembelian dapat terjadi karena artikel dan respon yang muncul di dalam Blog. Aktivitas tersebut merupakan reaksi dari kepercayaan atas komunikasi yang terjadi, pembuktian atas respon-respon yang masuk, atau suatu bentuk kedekatan karena terjadi komunikasi yang alami antara perusahaan dan konsumen.
Bahkan apabila terjadi suatu hal yang salah, Blog juga dapat menjadi tukang reparasi yang dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan. Permintaan maaf dan solusi yang diberikan di dalam respon konsumen dapat menimpulkan simpati kepada perusahaan. Sehingga mereka tidak jera apabila terjadi permasalahan dengan perusahaan.
Namun agar Blog dapat berfungsi maksimal, Anda juga harus mengkomunikasikan keberadaan Blog melalui kartu nama perusahaan, leaflet, spanduk yang digunakan dalam pemasaran, maupun file-file presentasi yang digunakan di berbagai seminar. Tujuannya agar konsumen mempunyai pandangan yang jelas ketika mereka mempunyai ketertarikan atau masalah dengan produk Anda.
Selain itu, jangan lupa untuk terus memperbarui Blog dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan produk, pemahaman produk, atau cerita lain yang berhubungan. Pemasaran dengan Blog akan menjadi efektif apabila artikel mengenai produk disertai dengan product knowledge atau pengetahuan akan produk yang terkait sehingga dapat menciptakan manfaat bagi pengunjung.
Seringkali Blog dibiarkan seperti website statis yang hanya memuat informasi-informasi pokok saja. Padahal dengan adanya proses update, konsumen akan berpikir untuk kembali ke blog tersebut dengan tujuan mencari info yang lain dan mereka mempunyai berbagai pilihan membeli terhadap produk yang Anda tawarkan melalui artikel.
Lakukan interaksi dengan konsumen seketika ketika mereka memberikan respon melalui komentar, shoutbox (kotak bicara), atau media yang lain. Reaksi cepat yang perusahaan berikan dapat memberikan kedekatan bagi mereka yang belum mengenal Anda sekalipun. Citra positif ini akan berdampak bagi jalannya pemasaran terhadap produk yang Anda tawarkan.

NAMA KELOMPOK : NUR ELSA NANDA
                                 ELFRISCA MELSYA FEBYANA
                                 AYU PURNAMA DEWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar