Selasa, 27 September 2011

METODE RISET BISNIS

METODOLOGI RISET BISNIS
Analisis Jurnal Ilmiah 1 oleh: Nama: Ayu Purnama Dewi, NPM: 33209461  

1. Judul: "PENILAIAN DAYA TARIK MASYARAKAT TERHADAP BISNIS ONLINE "
    Pengarang: Edi Anggoro Tahun: 2007

2. Tema: Pelayanan Pelanggan.


3. Latar Belakang Masalah:
Pemasaran dalam suatu perusahaan memegang peranan yang sangat penting,
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk
mempertahankan  kelangsungan hidup perusahaan, melakukan perkembangan
terhadap perusahaan dan untuk pencapaian tujuan perusahaan dalam memperoleh
laba. Masyarakat awam pada umumnya seringkali menyamakan pemasaran
dengan penjualan. Pandangan ini terlalu sempit karena penjualan hanya satu dari
beberapa aspek yang ada pada pemasaran. Pemasaran berusaha mengidentifikasi
kebutuhan dan keinginan konsumen pasar sasarannya serta bagaimana
memuaskan mereka melalui proses pertukaran dengan tetap memperhatikan
semua pihak dan tujuan yang terkait dengan kepentingan perusahaan.

4.Masalah:

Masalah yang biasa tibul di bisnis online adalah menyebarnya isu penipuan yang di sangkut pautkan di bisnis online contohnya penipuan pengiriman barang sementara uang sudah berhasil di transfer oleh pembeli.

5. Tujuan Riset:
 
Untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pelanggan terhadap bisnis online dan berusaha untuk meningkatan kualitas bisnis online

6. Teori & Penelitian:

Landasan Teori:
Menurut Miller dan Layton dalam Tjiptono (2005 : 2) pengertian pemasaran
adalah sebagai berikut :
“Sistem total aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menetapkan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk, jasa, dan
gagasan yang mampu memuaskan keinginan pasar sasaran dalam rangka

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2007 : 6) pengertian
pemasaran adalah sebagai berikut :
“Suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”.
Dimensi Kualitas Pelayanan:
a. Menurut Tjiptono (2006:70), keandalan (reliability) merupakan
kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, akurat dan
memuaskan.

Kepuasan Pelanggan:.
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang
muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan
terhadap kinerja yang diharapkan (Kotler,2005:70)

7. Metode Penelitian:
-Analisis dan Pembahasan
-Uji Validitas dan Reabilitas

8.
 Kesimpulan:
kesimpilan yang di dapat adalah para customer yang memilih membeli barang di bisnis online menjadi lebih percaya akan proses penjualannya.

9.Metodologi
8. Metode Analisis Data
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
a. Metode analisis deskriptif
Metode analisis deskriptif merupakan cara merumuskan dan menafsirkan data Sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang komunikasi dan semangat kerja
10. Ruang Lingkup Materi
Pada Pokoknya, kegiatan bisnis ini meliputi :
  • Perdagangan (melalui pedagang)
  • Pengangkutan (dengan alat-alat transport)
  • Penyimpanan (sampai barang terjual)
  • Pembelanjaan (melalui bank atau kreditur)
  • Pemberian informasi (dengan promosi)
11.  Aktivitas dan Kegiatan
1. Sobat harus menentukan ide untuk suatu market yang tertarget. Sobat harus membidik target pasaryang sobat inginkan. Sobat tidak bisa mentarget semua orang yang akan menjadi target pasar sobat. Contoh, jika sobat menjual peralatan kantor, sobat tidak bisa menawarkannya kepada orang yang ingin yang mempunyai problem kegemukan badan. Ini namanya nggak nyambung sobat.

Di samping itu sobat juga harus mengidentifikasi persaingan dalam pasar yang sobat bidik. Dan sobat harus pula menyiapkan segala kebutuhan yang di perlukan untuk bisa menunjang blog sobat agar bisa memenangkan pasar tersebut. Memenangkan pasar tentu akan menjadikan bisnis sobat melejit di antara yang lain. Dan masih banyak keuntungan-keuntungan yang lain ketika sobat bisa memenangkan pasar.

2. Sobat harus tau kata kunci yang biasanya di pakai target pasar berkaitan dengan apa yang sobat sajikan dalam website atau blog yang sobat mau buat nantinya. Cara melihat target pasar, sobat bisa menggunakan beberapa alat yang berguna untuk melihat target pasar. Banyak alatnya sobat. Sobat bisa manfaatkan alat gratis ini untuk melihat target pasar. 

12. Pembahasan dan Analisis
Pembahasan: membahas tentang bagaimana menjalankan bisnis online ini dan apa saja yang harus diperhatikan dalam menjalani bisnis online ini
Analisis: Berbisnis online merupakan bisnis yang cocok di era sekarang. Banyak pula keuntungan yang bisa kita dapat. Tapi, dalam menjalankan bisnis ini kita harus betul-betul mempelajarinya terlebih dahulu.

13. Hasil
Hasil yang di data dalam bisnis online ini ada cara kerjanya tidak terlalu cape dan tidak usah terlalu banting tulang seperti kerja di kantoran kita cukup dengan menggunakan kompt atau laptop untuk menegcek apakah ada orderan atau tidak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar